SERUNYA MENGAMATI BENDA LUAR ANGKASA
BERSAMA KOMUNITAS PENJELAJAH LANGIT

Alam semesta adalah tempat yang luas dan diisi berbagai jenis galaksi yang ada. Selain galaksi terdapat juga benda-benda langit seperti bintang, planet, dan tata surya yang menjadi rangkaian planet-planet yang banyak dipelajari oleh manusia. Hamparan luasnya alam semesta telah dijelaskan dalam Al Qur’an sebagai bentuk kekuasaan Allah yang Maha Esa pada surat Surah Az-Zariyat Ayat 47. “Dan langit itu Kami bangun dengan kekuasaan (Kami) dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa (meluaskan),”. 

Meskipun demikian, hal tersebut tidaklah mengahalangi manusia yang diberi kemampuan akal dan berpikir oleh Allah SWT untuk terus belajar dengan meneliti ciptaan sang khaliq yang maha besar ini. Sebagaimana kegiatan belajar mengajar (KBM) Astronomi yang dilaksanakan oleh SD Bina Anak Sholeh (BIAS) Yogyakarta sebagai salah satu sekolah Islam terbaik di Yogyakarta. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Jumat (24/4) sore hingga Sabtu (25/4) fajar ini didampingi langsung oleh Tim Penjelajah Langit. Selain itu, kegiatan ini menggunakan sistem hybird yang dihadiri juga oleh sebagian siswa SMP BIAS Yogyakarta secara offline maupun online melalui zoom meeting.

Dalam kegiatan ini anak-anak diajak berkenalan dengan berbagai macam teleskop, salah satunya adalah teleskop reflektor. Teleskop ini merupakan teleskop optik yang menggunakan cermin bundar tunggal atau lebih yang memantulkan cahaya untuk membentuk sebuah gambar dan biasanya digunakan untuk melihat benda-benda redup seperti nebula, galaksi, dan gugus bintang. Di sampingnya terdapat teleskop refraktor yang merupakan  jenis teleskop yang menggunakan lensa sebagai pengumpul cahaya. Lensa pada teleskop refraktor umumnya terdiri atas lensa obyektif dan lensa okuler. Lensa obyektif berfungsi sebagai pengumpul cahaya. Kemudian ada juga start advanture yang berfungsi sebagai alat memotret supaya tidak stuck dan dapat menghasilkan 5 menit gambar dalam 1 jepretan.

Dalam KBM ini juga diisi dengan kajian bersama Ir. Lilik Indryanti selaku Direktur Yayasan Bina Anak Sholeh yang mengulas tentang tafsir Surat Al Mulk. Di dalamnya diuraikan mengenai kekuasaan Allah SWT yang menciptakan hamparan langit-langit yang luas dan kemudian menjadikan manusia berusaha dengan semaksimal mungkin untuk mentadabburi serta mempelajari alam. Dengan tafsir Al Mulk juga mengajarkan manusia untuk senantiasa bersyukur dan bertawadhu atas besarnya kuasa Allah SWT.

Tepat pada pukul 19.30 anak-anak memulai diajak melihat dan mengamati benda-benda langit seperti Bulan, Mars, bintang Sirius dan rasi bintang Gubug Penceng. Dalam sesi ini juga diperlihatkan bintang-bintang yang telah lama meledak namun dalam teleskop masih terlihat, hal ini dikarenakan jarak anatra bintang dan bumi sepanjang 500 tahun cahaya. Selain itu juga anak-anak dikenalkan dengan macam-macam bintang serta gubuk penceng atau sebuah nama lain untuk rasi Salib Selatan dan digunakan oleh para nelayan Jawa tradisional dalam menentukan arah selatan.

Kegiatan dilanjut pada sesi keempat, tepatnya pada hari Sabtu pukul 02.00 dini hari. Pada sesi ini, anak-anak dijelaskan mengenai planet-planet seperti Jupiter, Saturnus dan Galaksi Bima Sakti. Saturnus sendiri adalah planet keenam dari Matahari dan merupakan planet terbesar kedua di Tata Surya setelah Jupiter. Saturnus juga merupakan sebuah raksasa gas yang memiliki radius rata-rata sekitar 9 kali radius rata-rata Bumi. Di planet Saturnus terdapat banyak satelit seperti Dione, Tethys, Mimas, Enceladus, Rhea and Titan. Adapun satelit yang terbesarnya yakni satelit Titan. Satelit Titan mengandung banyak amoniak dan permukaannya bisa dibilang hampir seperti Bumi, namun di dalamnya tidak terdapat kehidupan kecuali kemungkinan adanya bakteri dan makhluk mikro lainnya.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan menjadi motivasi bagi setiap siswa SD dan SMP BIAS untuk senantiasa belajar akan luasnya kekuasaan Allah SWT serta tawadhu diiringi kesadaran betapa kecilnya manusia hidup di dunia ini.

APA KATA ORANG TUA TENTANG SD BIAS YOGYAKARTA? Sekolah Bina Anak Sholeh (BIAS) Yogyakarta merupakan salah satu sekolah Islam terbaik di Yogyakarta yang berdiri pada tahun 1994 dan bernaung di bawah Yayasan Bina Anak Sholeh.

SD BIAS VIRTUAL TOUR KE MUSEUM GEOTEKNOLOGI MENIRAL UPN “VETERAN” YOGYAKARTA Indonesia merupakan negara dengan segala bentuk kekayaan alamnya. Sumber daya alam yang ada menjadi sorotan khusus bagi para ilmuwan, khususnya bagi peneliti bebatuan, mineral dan fosil.

APA PENDAPAT WALISISWA TENTANG BIAS BATITA CENTER ? Bagi kebanyakan orang tua, pendikan merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi untuk mengasah pengetahuan dan skill sang anak.

GALERI

Hubungi Kami Lembaga Pendidikan Islam Terpadu Bina Anak Sholeh Yogyakarta
Hari Kerja (Senin – Jumat) : 07.00 – 16.00 WIB
Sabtu : 08.00 – 14.00 WIB
Komplek Perkantoran BIAS  Jl. Wirosaban Barat No. 6
Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta 

Telepone 0274 – 410 350
Email Sibibias@gmail.com