KEGIATAN SERU ODI BIAS BOARDING SCHOOL

Salah satu tanaman yang banyak khasiatnya adalah tanaman tebu. Selain dapat menyegarkan dahaga dikala haus melanda, tebu juga memiliki deretan manfaat yang banyak bagi kesehatan manusia. Olahan tebu juga dapat dijadikan dalam berbagai komoditas seperti gula, bahan masakan, spirtus, handsanitizer dan bahkan alkohol yang berguna bagi kehidupan manusia. Tentu hal ini akan sangat menarik untuk dipelajari sebagaimana kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) vierual yang dilaksanakan oleh SD BIAS Yogyakarta ke Pabrik pengolahan tebu dan alkohol di madukismo. PKL Virtual ini dilaksanakan secara online yang disiarkan live streaming di youtube pada Kamis (30/9) pukul 08.00-10.00 WIB.

Kunjungan virtual kali ini adalah Pabrik Gula dan Spirtus di Madukismo, Bantul, Yogyakarta. Pabrik ini bernama PT Madubaru yang berdiri sejak tahun 1955. Sebelum mempelajari pengolahan tebu di dalam pabrik, tentu anak anak diajak berkenalan dengan tanaman tebu itu sendiri. Dengan dipandu oleh Ustadz Wahyu dan Ustadz Edi, anak anak menjadi paham klasifikasi dan jenis tanaman tebu yang akan diolah nantinya. Kemudian kegiatan dilanjut dengan mengenal alat alat pengolahan tebu yang tersedia dalam pabrik. Dalam sesi ini, Ustadz Wahyu dan Ustadz Edi dibantu oleh Pak Mahmud selaku staff PT Madu Baru dalam menjelaskan alat alat yang sedang digunakan, mengingat pabrik tersebut sudah lama beroprasi selama setengah abad lebih tentunya perlu ada penjelasan khusus secara historis oleh pegawai/orang yang berpengalaman dalam Pabrik tersebut. Di dalam tahap pengolahan terdapat alat penggilingan yang berfungsi untuk mengubah tanaman tebu menjadi air yang ada didalamnya. Tahap selanjutnya adalah proses ekstrasi yang memisahkan air tebu asli dengan ampas yang masih menempel pada air tebu. Kemudiann ada juga alat sulvitasi untuk membersihkan nira/cairan murni dari air tebu yang selanjutnya diuapkan menggunakan alat evaporator yang menyisakan air nira/calon gula. Setelah jadi cairan nira, tahap selanjutnya adalah dimasak agar menjadi kristal gula meskipun masih terdapat karamel yang menempel dan akan dipisahkan dengan alat penyaring gula. Pengolahan tebu seperti ini dapat diturunakan juga menjadi alkohol/spritus dan handsanitizer yang diambil dari tetes tebu. Alkohol disini adalah alkohol yang berfungsi sebagai medis dan kecantikan

Dengan adanya kegiatan PKL Virtual SD BIAS Yogyakarta ini diharapkan menjadi pemicu semangat anak anak dalam mempelajari bahan bahan makanan dan olahan komoditas yang berasal dari bahan tanaman tebu.

Lomba ini mengusung tema “Menumbuhkan Nilai Kepahlawanan pada Generasi Muda”. Tema ini memiliki latar belakang yang bercorak historis, salah satunya adalah penegakan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tak lepas dari peran dan jasa pengorbanan pahlawan yang tulus, ikhlas dan tanpa pamrih memperjuangkan kembali hak hak masyarakat Indonesia saat jaman penjajahan. Nilai nilai kepahlawanan yang muncul saat itu menjadi inspirasi bagi masyarakat modern sebagai role model kehidupan sosial bermasyarakat.

Oleh karenanya sangatlah penting bagi remaja/pemuda sebagai salah satu penerus arah perjuangan bangsa untuk menuangkan ide ide brilian yang komprehensif untuk mencapai suatu nilai kepahlawanan dan patriotisme dalam bentuk tulisan sebagaimana lomba yang diadakan Dinas Sosial DIY tersebut.

Dengan beberapa Undang Undang sebagai instrumen dasar dalam penulisan ananda Alya merangkai tulisan ilmiah yang sangat kompleks dan insipratif. Yaitu dengan judul  “Jadipahlawan.id Sebagai Platform Digital untuk Menanamkan Nilai Kepahlawanan Kepada Generasi Muda Indonesia”. Di dalamnya dijelaskan mengenai berkurangnya minat remaja saat ini akan literasi literasi sejarah sebagai bentuk acuan dalam menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme. Dengan kondisi seperti ini, kita perlu mengkontekstualisasikan citra pahlawan dalam bentuk yang sesuai dengan dinamika dan minat para remaja. Tentu menghubungkan hal seperti ini tidak lah mudah bagi pemuda pada umumnya, mengingat anak muda membutuhkan teladan dari sosok pahlawan. Definisi kepahlawanan bagi anak muda saat ini sudah berbeda dengan sebelum kemerdekaan. Pahlawan adalah orang yang berjuang untuk kesejahteraan masyarakat dan membela kebenaran. Semua orang saat ini dapat menjadi pahlawan untuk bangsa Indonesia.

Untuk menanamkan nilai kepahlawanan pada generasi muda dibutuhkan cara yang sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan internet dengan menciptakan platform digital.

Dengan rancangan platform jadipahlawan.id.  yang berbentuk website ini dan ditunjang dengan media sosial sepeerti Instagram serta Youtube akan menghadirkan Konten yang mencakup : kisah dari tokoh dan komunitas yang inspiratif dari 34 propinsi di Indonesia serta platform crowdfunding. Dengan platform ini diharapkan generasi muda bisa mendapatkan inspirasi dari seluruh pelosok negeri sekaligus dapat menjadi sosok pahlawan dengan bergabung di komunitas inspiratif dan berbagi lewat platform crowdfunding yang tersedia di platform.

Dengan karya yang penuh inspirasi ini, diharapkan dapat menjadi motivasi dan penyemangat anak muda dalam menanamkan jiwa jiwa nasionalisme dan patriotisme sesuai dengan dinamika perubahan zaman.

Setiap sekolah pasti memiliki bentuk masa pengenalan/orientasi sekolah yang disusun. Bentuk bentuk tersebut tentunya mengikuti alur kultur daripada sekolah itu sendiri. Begitu pula dengan SMP dan SMA BIAS Yogyakarta salah satu sekolah islam terbaik di Yogyakarta memiliki sistem Boarding School/asrama. BIAS Boarding School ini memiliki masa orientasi siswa yang sangat menarik dan inspiratif dengan nama Orientasi Dienul Islam atau biasa disebut dengan ODI. ODI merupakan kegiatan semacam MOS . Bagi siswa BIAS, inilah ajang untuk mengenali secara mendalam apa yang akan dipelajari di SMP dan SMA BIAS, bagaimana menyerap dan mengembangkan ilmu pengetahuan, bagaimana mengatur diri dan waktu, survive menjalani hidup dengan cara baru di asrama bersama teman teman dengan latar belakang yang beragam, berlatih menjadi remaja muslim agar memiliki cita-cita besar, belajar peduli agar kelak bisa andil memberi solusi.

Alhamdulillah, dengan izin Allah, tahun ajaran baru kali ini BIAS Boarding School (BBS) kembali mengadakan Orientasi Dinul Islam (ODI) pada 17-19 September 2021 yang lalu. Berbagai keseruan dengan tetap mematuhi Prokes, para siswa-siswi kelas 7-12 BBS diajak mengenal secara mendalam apa saja yang akan mereka pelajari di BIAS Boarding School: bagaimana menetapkan target hidup yang sesuai dengan tujuan Allah Ta’ala menciptakan manusia, mengatur diri dan waktu, menjalani hidup dengan cara baru di Pondok bersama teman-teman dengan berbagai latar belakang.

Kegiatan di dalamnya meliputi: Diskusi tembiring dengan topik dan tema yang menarik, outbond, pentas seni dan yang menjadi highlight adalah Program DigEn dan DynEd: program untuk menggodok siswa agar siap menghadapi tantangan dunia digital yang mengglobal.

Dengan dilaksanakannya ODI Bias Boarding School ini diharapkan menjadi pemantik semangat dan motivasi siswa dalam mengembangkan skill dan bakat akademik maupun pengembangan diri di Sekolah BIAS.

APA KATA ORANG TUA TENTANG SD BIAS YOGYAKARTA? Sekolah Bina Anak Sholeh (BIAS) Yogyakarta merupakan salah satu sekolah Islam terbaik di Yogyakarta yang berdiri pada tahun 1994 dan bernaung di bawah Yayasan Bina Anak Sholeh.

SD BIAS VIRTUAL TOUR KE MUSEUM GEOTEKNOLOGI MENIRAL UPN “VETERAN” YOGYAKARTA Indonesia merupakan negara dengan segala bentuk kekayaan alamnya. Sumber daya alam yang ada menjadi sorotan khusus bagi para ilmuwan, khususnya bagi peneliti bebatuan, mineral dan fosil.

APA PENDAPAT WALISISWA TENTANG BIAS BATITA CENTER ? Bagi kebanyakan orang tua, pendikan merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi untuk mengasah pengetahuan dan skill sang anak.

GALERI

Hubungi Kami Lembaga Pendidikan Islam Terpadu Bina Anak Sholeh Yogyakarta
Hari Kerja (Senin – Jumat) : 07.00 – 16.00 WIB
Sabtu : 08.00 – 14.00 WIB
Komplek Perkantoran BIAS  Jl. Wirosaban Barat No. 6
Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta 

Telepone 0274 – 410 350
Email Sibibias@gmail.com