KEGIATAN SERU ODI BIAS BOARDING SCHOOL

Tahun ajaran baru semester ganjil bagi siswa jenjang sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) sudah mulai dilaksanakan. Beberapa sekolah memulai pembelajaran dengan pengenalan budaya/aktifitas dalam sekolah atau biasa disebut dengan masa orientasi sekolah (MOS). Kegiatan ini secara umum bertujuan untuk mempersiapkan siswa baru agar dapat mengenali budaya/lingkungan sekolah agar dapat menjadi warga sekolah yang memiliki nilai nilai luhur dalam menuntut ilmu. Sedangkan tujuan daripada adanya masa pengenalan ini bagi siswa baru antara lain mengenali potensi diri siswa baru, membantu siswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, terutama pada aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah, menumbuhkan motivasi dan cara belajar efektif sebagai siswa baru, mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya, menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

Setiap sekolah pasti memiliki bentuk masa pengenalan/orientasi sekolah yang disusun. Bentuk bentuk tersebut tentunya mengikuti alur kultur daripada sekolah itu sendiri. Begitu pula dengan SMP dan SMA BIAS Yogyakarta salah satu sekolah islam terbaik di Yogyakarta memiliki sistem Boarding School/asrama. BIAS Boarding School ini memiliki masa orientasi siswa yang sangat menarik dan inspiratif dengan nama Orientasi Dienul Islam atau biasa disebut dengan ODI. ODI merupakan kegiatan semacam MOS . Bagi siswa BIAS, inilah ajang untuk mengenali secara mendalam apa yang akan dipelajari di SMP dan SMA BIAS, bagaimana menyerap dan mengembangkan ilmu pengetahuan, bagaimana mengatur diri dan waktu, survive menjalani hidup dengan cara baru di asrama bersama teman teman dengan latar belakang yang beragam, berlatih menjadi remaja muslim agar memiliki cita-cita besar, belajar peduli agar kelak bisa andil memberi solusi.

Alhamdulillah, dengan izin Allah, tahun ajaran baru kali ini BIAS Boarding School (BBS) kembali mengadakan Orientasi Dinul Islam (ODI) pada 17-19 September 2021 yang lalu. Berbagai keseruan dengan tetap mematuhi Prokes, para siswa-siswi kelas 7-12 BBS diajak mengenal secara mendalam apa saja yang akan mereka pelajari di BIAS Boarding School: bagaimana menetapkan target hidup yang sesuai dengan tujuan Allah Ta’ala menciptakan manusia, mengatur diri dan waktu, menjalani hidup dengan cara baru di Pondok bersama teman-teman dengan berbagai latar belakang.

Kegiatan di dalamnya meliputi: Diskusi tembiring dengan topik dan tema yang menarik, outbond, pentas seni dan yang menjadi highlight adalah Program DigEn dan DynEd: program untuk menggodok siswa agar siap menghadapi tantangan dunia digital yang mengglobal.

Dengan dilaksanakannya ODI Bias Boarding School ini diharapkan menjadi pemantik semangat dan motivasi siswa dalam mengembangkan skill dan bakat akademik maupun pengembangan diri di Sekolah BIAS.

APA KATA ORANG TUA TENTANG SD BIAS YOGYAKARTA? Sekolah Bina Anak Sholeh (BIAS) Yogyakarta merupakan salah satu sekolah Islam terbaik di Yogyakarta yang berdiri pada tahun 1994 dan bernaung di bawah Yayasan Bina Anak Sholeh.

SD BIAS VIRTUAL TOUR KE MUSEUM GEOTEKNOLOGI MENIRAL UPN “VETERAN” YOGYAKARTA Indonesia merupakan negara dengan segala bentuk kekayaan alamnya. Sumber daya alam yang ada menjadi sorotan khusus bagi para ilmuwan, khususnya bagi peneliti bebatuan, mineral dan fosil.

APA PENDAPAT WALISISWA TENTANG BIAS BATITA CENTER ? Bagi kebanyakan orang tua, pendikan merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi untuk mengasah pengetahuan dan skill sang anak.

GALERI

Hubungi Kami Lembaga Pendidikan Islam Terpadu Bina Anak Sholeh Yogyakarta
Hari Kerja (Senin – Jumat) : 07.00 – 16.00 WIB
Sabtu : 08.00 – 14.00 WIB
Komplek Perkantoran BIAS  Jl. Wirosaban Barat No. 6
Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta 

Telepone 0274 – 410 350
Email Sibibias@gmail.com