INGIN CEPAT HAFAL Al-QUR’AN ? SIMAK TIPS BERIKUT

Bagi seorang muslim kita diwajibkan untuk mempelajari Al-Qur’an dan mengamalkannya. Dan yang termasuk dalam mempelajari al-qur’an adalah menghafalnya. Sebagian kaum Muslimin ternyata masih banyak yang belum memahami mengapa mereka perlu untuk menghafal Al-Qur’an. Bahkan ada yang mengatakan, “mengapa kita bangga dengan anak-anak yang hafal Qur’an yang notabene bukan bahasa kita? bukankah lebih baik mengajarkan mereka membaca terjemahannya agar bisa menerapkan nilai luhur di dalamnya?” Perkataan ini keluar tentu karena ketidak-pahaman mengenai keutamaan dan urgensi menghafal Al Qur’an.

 Orang tersebut juga tidak memahami keutamaan Al-Qur’an serta bagaimana cara mempelajari Al Qur’an, sehingga ia merasa cukup dengan terjemahan Al-Qur’an saja dalam mempelajari Al Qur’an. Syaikh Ibnu Baz mengatakan, “menghafal Al-Qur’an adalah mustahab (sunnah)” (Fatawa Nurun ‘alad Darbi, 89906). Namun yang rajih insya Allah, menghafal Al-Qur’an adalah fardhu kifayah, wajib diantara kaum Muslimin ada yang menghafalkan Al-Qur’an, jika tidak ada sama sekali maka mereka berdosa (Al Mausu’ah Al Fiqhiyyah, 17/325).

Untuk membantu menghafal, maka berikut terdapat tips-tips yang dapat diterapkan bagi penghafal Al-Qur’an untuk menunjang keberhasilannya hafalannya:

  1. Meluruskan Niat

Sebelum menghafal Al-Qur’an, niat merupakan hal yang paling utama. Karena dengan niat perbuatan seseorang dapat diterima Allah SWT. Jangan sampai niat untuk menghafal salah dan hindari terjerumus pada riya’. Dengan niat yang lurus dan hati ikhlas karena Allah maka rasa lelah, malas, dan perasaan sulit tidak akan jadi penghalang dalam menghafal Al-Qur’an.

  1. Meneguhkan Keyakinan

Al-Qur’an akan sangat mudah dihafal ketika seseorang berkeyakinan untuk bisa menghafalnya dan selalu berpikir positif. Hal ini merupakan motivasi yang dibentuk oleh alam bawah sadar seseorang untuk selalu termotivasi untuk bisa menghafal Al-Qur’an. Dan keyakinan ini membawa seseorang berpikiran bahwa cara menghafal Al-Qur’an itu mudah.

  1. Mengakrabkan diri dengan Al-Qur’an

Selalu berpikiran bahwa Al-Qur’an adalah teman dikala senang maupun susah. Hal ini menjadi pembentuk pandangan bagi seseorang untuk selalu berada dalam jangkauan Al-Qur’an. Ia akan selalu risau jika jauh apabila tidak membaca al-qur’an setiap harinya. Dengan seperti ini, seseorang akan sangat mudah menghafal dengan pikiran terbuka.

  1. Menggunakan Metode Baca Lalu Menghafal

Metode ini merupakan metode dengan cara membacanya berulang-ulang berkali-kali lalu setelah itu menghafalnya dengan menutup mushaf. Selain itu ada metode lain dengan membaca dan menghafalnya perbaris. Dengan membaca berulang-ulang seperti ini, ayat-ayat di Al-Qur’an akan menjadi melekat di kepala seseorang dan mudah untuk dihafal.

  1. Mentargetkan Hafalan

Dalam menghafal Al-Qur’an, seseorang juga perlu target untuk mencapai indikator keberhasilan dalam mengahafl. Biasanya target diatur sesuai dengan kemampuan seseorang dalam menghafal. Misalnya seseorang hanya mampu menghafal 5 baris dalam setiap harinya, maka akan lebih baik dalam setiap sholat setidaknya menghafal 1 baris.

Terdapat juga sebuah hadits yang bunyinya dari Buraidah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang menghafal Al-Qur’an, mengkajinya dan mengamalkannya, maka Allah akan memberikan mahkota bagi kedua orang tuanya dari cahaya yang terangnya seperti matahari. Dan kedua orang tuanya akan diberi dua pakaian yang tidak bisa dinilai dengan dunia. Kemudian kedua orang tuanya bertanya, “Mengapa saya sampai diberi pakaian semacam ini?” Lalu disampaikan kepadanya,

“Disebabkan anakmu telah mengamalkan AlQur’an.” (HR. Hakim 1/756 dan dihasankan al-Abani)

Sungguh mulia kedudukan bagi para penghafal al-qur’an. Semoga kita dimasukan ke dalam golongan para penghafal Al-Quran

Sumber artikel :

 

APA KATA ORANG TUA TENTANG SD BIAS YOGYAKARTA? Sekolah Bina Anak Sholeh (BIAS) Yogyakarta merupakan salah satu sekolah Islam terbaik di Yogyakarta yang berdiri pada tahun 1994 dan bernaung di bawah Yayasan Bina Anak Sholeh.

SD BIAS VIRTUAL TOUR KE MUSEUM GEOTEKNOLOGI MENIRAL UPN “VETERAN” YOGYAKARTA Indonesia merupakan negara dengan segala bentuk kekayaan alamnya. Sumber daya alam yang ada menjadi sorotan khusus bagi para ilmuwan, khususnya bagi peneliti bebatuan, mineral dan fosil.

APA PENDAPAT WALISISWA TENTANG BIAS BATITA CENTER ? Bagi kebanyakan orang tua, pendikan merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi untuk mengasah pengetahuan dan skill sang anak.

GALERI

Hubungi Kami Lembaga Pendidikan Islam Terpadu Bina Anak Sholeh Yogyakarta
Hari Kerja (Senin – Jumat) : 07.00 – 16.00 WIB
Sabtu : 08.00 – 14.00 WIB
Komplek Perkantoran BIAS  Jl. Wirosaban Barat No. 6
Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta 

Telepone 0274 – 410 350
Email Sibibias@gmail.com