CIRI USTADZ IDEAL (2)

Keilmuan yang Mumpuni

Kembali ke topik kriteria Ustadz atau siapapun yang layak dijadikan rujukan dan diambil ilmu agamanya. Paling tidak ada dua kriteria:

Pertama: kapasitas keilmuannya mumpuni

Bagaimana cara kita mengetahuinya?

Kita dapat melihatnya dari rekam jejak keilmuannya.

Misalnya, Sang Ustadz pernah lama nyantri belajar kitab kuning di pondok pesantren tertentu. Atau pernah lama belajar di Timur Tengah seperti Mesir, Arab Saudi, Yaman, Suriah, Maroko, Sudan dan negeri-negeri lain yang terkenal sebagai pusat keilmuan Islam. Atau setidaknya pernah berguru kepada ulama tertentu.

Karena memang, orang yang mumpuni ilmu agamanya lahir dari proses yang tidak sederhana.

Mengingat tanggungjawab yang sangat berat yaitu menyampaikan ajaran Islam, makna al-Quran dan Hadis sampai tuntunan syariah yang meliputi seluruh aspek kehidupan supaya hidup manusia mendapat keridhaan Allah serta bahagia di dunia dan akhirat.

Orang yang dianggap mumpuni ilmu agamanya, paling tidak menguasai ilmu tafsir, hadis, akidah, fikih dan akhlak, ditambah ilmu-ilmu alat seperti ilmu usul fikih dan ilmu-ilmu bahasa (nahwu, sharf, balaghah dan sebagainya).

Kesemua ilmu tersebut diajarkan melalui kitab berbahasa Arab, tulisan para ulama terdahulu dan menggunakan bahasa pengantar resmi bahasa Arab.

Sehingga, orang yang dipanggil ustadz dan dianggap sebagai rujukan ilmu agama salah satu tandanya adalah bisa berbahasa Arab wa bil khusus bisa membaca dan memahami kitab berbahasa Arab.

Selain tuntas belajar agama seperti di atas, ternyata para ulama mempersyaratkan bahwa orang yang layak dijadikan rujukan dalam ilmu agama juga terus melakukan kajian, diskusi dan belajar bersama para ulama lain. Artinya, dia tidak pernah berhenti belajar agama.

Ust. Musa al Azhar, Lc. Dipl.

Pasca Sarjana, Jurusan Hadits dan Ilmu Ilmu Hadits, Fak. Ushuluddin, Univ. Al Azhar Cairo.

Kontributor Jaringan Sekolah BIAS untuk Mesir dan Timur Tengah.

POINT ILMU MANTIQ Ilmu mantik adalah qanun berfikir, oleh karenanya, di setiap

CIRI USTADZ IDEAL (1) Sebuah langkah maju dari orang yang ditumbuhi kesadaran dari Allah Ta`âla untuk

GALERI

Hubungi Kami Lembaga Pendidikan Islam Terpadu Bina Anak Sholeh Yogyakarta
Hari Kerja (Senin – Jumat) : 07.00 – 16.00 WIB
Sabtu : 08.00 – 14.00 WIB
Komplek Perkantoran BIAS  Jl. Wirosaban Barat No. 6
Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta 

Telepone 0274 – 410 350
Email sibibias@gmail.com