Pertanian dan Revolusi Industri 4.0

Pada rentang usia 1-12 tahun, merupakan fase yang tumbuh kembang anak paling optimal. Fase anak dibagi dalam fase kecil (1-6 tahun) dan fase besar (7-12 tahun). Pada fase inilah banyak hal yang dipelajari oleh anak yang membentuk karakter ketika dewasa kelak. Ada beberapa aspek yang dapat dieksplorasi oleh anak. Tak melulu soal pendidikan formal yang terkesan kaku, anak juga perlu transfer pengetahuan mengenai alam sekitar hingga soal pertanian yang pernah menjadi gagasan utama bangsa ini.

Sekolah BIAS berusaha dengan keras untuk membimbing siswa untuk menemui ciri otentiknya. Banyak hal yang diperkenalkan, salah satunya  adalah pertanian. Kegiatan ini kerap dilaksanakan supaya siswa tak jenuh dengan suasana kelas nan teoritis yang cenderung kaku.

Di era modern yang erat dengan kemegahan, kadang bertani dianggap hal yang remeh dan kuno. Maka, anak perlu diperkenalkan dengan benar apa itu bertani. Dengan kemajuan pada era 4.0, bertani juga dapat dilakukan dengan efektif berkat kerja sains yang mumpuni. Perkembangan seperti ini yang perlu dilekatkan pada anak pada usia perkembangan. Selain mengubah perspektif mengenai pertanian, dengan tingkat curiosity atau keingintahuan yang tinggi mengenai bio teknologi, kedepannya anak dapat menghargai profesi  bertani serta kembali menjadikan pertanian sebagai isu pokok yang produktif.